Satukan Visi

March 26, 20171 min reading

Saya tidak sendirian, ada banyak orang dengan visi yang sama maupun visi yang lebih hebat sebelum saya menyuarakan tentang open source, free software maupun GNU/Linux. Semoga kedepan juga akan banyak bermunculan individu kuat dan sadar akan penting sebuah pembelajaran khususnya di dunia IT. Saya terinspirasi dengan tulisan-tulisan dari blog wordpress dari seorang yang bernama Ade Malsasa Akbar.

Beliau aktif sekali di dunia GNU/Linux. Saya tidak mengenal beliau secara pribadi. Namun, saya mengenal beliau dari tulisan-tulisannya maupun tanya jawab di forum-forum aktif pada beberapa sosial media. Saya pernah terlibat komunikasi dengan beliau via email dan pesan facebook karena saat itu saya memenangkan sayembara penulisan artikel tentang Libre office. Dengan tulisan ini, saya bermaksud berkomitmen menyambung perjuangan beliau dalam menyuarakan pentingnya edukasi tentang software yang selama ini, menurut pengalaman saya masih dianggap sebelah mata terutama untuk pengguna awam.

Pengalaman saya bisa dibilang masih dangkal di dunia Open source, free softwares maupun GNU/Linux. Namun saya selalu dan akan selalu memperbaiki diri dan terus belajar. Saya tidak takut untuk mencoba dan berada dalam kendala. Karena dengan begitu, saya akan mendapatkan pengalaman. Pengalaman tersebut akan membantu orang lain dengan masalah yang sama. Semoga semakin banyak orang yang memiliki semangat seperti kang ade sehingga tidak ada lagi istilah kasar "pembajakan" maupun keterpaksaan menggunakan software ilegal. Apabila anda menemukan kekeliruan dalam tulisan saya, maupun tidak sependapat dengan saya. Saya siap untuk nasehat, koreksi maupun saran.

Salam.

Muhammad Irwan Andriawan