Perjalanan Mengenal Coding 2

March 28, 20171 min reading

Berangkat dari Java, saya terus memahami banyak bahasa pemrograman. Sampai saat ini, Java masih menjadi Bahasa yang menurut saya keren. Saya suka dengan style syntaxnya yang meskipun panjang tetap menjaga pemrogramannya aman. Aman dalam artian error dapat diatasi sesegera mungkin. Tentunya di sana juga ada peran IDE yang sudah semakin pintar.

Dari Java, Saya melompat sebentar ke Android programming. di Akhir semester 3 saya mencoba membuat aplikasi android. Aplikasi sederhana untuk keperluan Organisasi saya di kampus. Projectnya sempat terhenti karena tidak ada support dari pengurus. Tapi tidak masalah, waktu itu tujuan saya hanya mempelajari lingkungan Android. Saya akui, linkungan kerja Android Membutuhkan spesifikasi Komputer bisa dibilang rakus RAM. Saya juga sadar, berbekal prosesor dual core dan RAM 4 GB belum menjawab sepenuhnya Lingkungan Android Programming yang Ideal. Dari situ, saya putuskan untuk beralih sebentar. Minimal, saya sudah terbiasa dengan lingkungan Android dan saya juga paham dasarnya.

Saat itu sedang marak-maraknya Web Framework. Mulai CI, Yii, CakePHP sampai Laravel. tentu semua dibangun dengan bahasa PHP. Semenjak kenal PHP, saya merasa "Wow, ini bahasa pemrograman denga syntax yang fleksibel". Tidak perlu repot-repot meperhatikan tipe data. Terkadang saya juga bingung jika tidak mendefinisikan tipe data. Mengingat saya berangkat dari Java.

Sampai saat ini, pemahaman saya menjadi cukup abstrak dan mulai membingungkan. Karena dari yang saya lihat, semakin banyak konsep bahkan hanya dalam satu bahasa pemrograman. Hal ini tidak baik jika saya teruskan melaju tanpa memahami konsep tersebut. Saya putuskan untuk mempelajari esensi dan paradigma pemrograman.

Saya mulai memperhatikan pattern, best practice, procedural, functional dan OOP yang pertama kali saya tau tapi tidak paham ( saya sudah paparkan di bagian 1 )

Saya putuskan, sebagian besar ruang hardisk Laptop dipesan untuk tempat Video tutor dan ebook dari seluruh penjuru dunia. Time to be serious in Programming.

Bagian selanjutnya akan membahas bagaimana saya berinteraksi dengan komunitas dan GNU/Linux.