Nilai Lebih Belajar Bersama Komunitas Social Media

March 28, 20171 min reading

Setiap orang memiliki style pembelajaran masing-masing. Saya biasanya suka mengkombinasikan antara membaca buku panduan dengan Melihat Video Tutorial. Lewat membaca E-book, saya mendapatkan pemahaman teknis dan juga istilah-istilah penting Teoritis. Lewat Video Tutorial, saya mendapat point-point penting serta langkah praktis secara sistematis. Cocok sekali diterapkan sambil praktek. Tentu, setiap orang beda dalam menjelaskan sesuatu. Itu sebabnya, dalam satu point Video tutorial, saya selalu mencari dua atau tiga referensi Video yang sama. Saya melakukannya untuk mencari tau perbedaan maupun kesamaan.

Ada satu hal unik yang tidak secara eksplisit didapatkan baik dari membaca ebook maupun melihat tutorial video. Implementasi

Semua yang kita pelajari, pada akhirnya akan diimplementasikan pada sebuah permasalahan. Tentu, tidak semua implementasi berjalan sesuai rencana. Pada titik tertentu, seseorang akan menemui kendala, permasalah, error. Sudah saatnya melakukan troubleshooting. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama, apa lagi seseorang yang baru memasuki dunia teknis pemrograman. Komunitas menjadi jawabanya.

Berkomunitas berarti kita menyalin pengalaman serta kendala orang lain. Mereka berada dalam tahap troubleshooting. Dimana mereka butuh pemikiran dan pendapat seseorang untuk menyelesaikan masalahnya. Inilah keuntungannya, Kita tidak harus mengalami troubleshooting tersebut karena seseorang telah berada dalam titik tersebut. Mereka yang bertanya, biasanya mencari solusi dari kondisi nyata yang mereka hadapi. Bisa jadi, kondisi tersebut sudah berada dalam tahap produksi, bukan lagi development.

Bagi saya pribadi, berkomunitas benar-benar meningkatkan pengalaman saya. Lebih dari membaca buku maupun melihat Video Tutorial. Kombinasi tersebut, masih saya pakai sampai saat ini.

Ebook + Video + Komunitas = Teknik berlajar saya

Jadi, jika anda berada dalam komunitas, manfaatkanlah dengan baik, patuhi peraturan yang disepakati dan tingkat pengalaman anda melalui pengalaman orang lain.

Muhammad Irwan Andriawan.